Selasa, September 08, 2015

Fenomena Langit yang Bakal Terjadi Tahun 2015

Fenomena Langit yang Bakal Terjadi Tahun 2015 -Tak terasa tahun 2014 sudah berjalan peristiwa astronomis mulai dari hujan meteor, gerhana bulan keseluruhan, hingga komet Siding Spring yang melintas dekat pada planet Mars. Tahun ini dapat diperkirakan bakal berlangsung fenomena sama. Ada fenomena langit apa sajakah tahun ini? Berikut prediksinya :

Fenomena Langit yang Bakal Terjadi Tahun 2015

1. Vernal Equinox (Sabtu, 21 Maret 2015)
Vernal equinox yakni saat dimana Matahari ada di perpotongan ekliptik dan ekuator setelah sebelumnya ada di selatan ekuator. Pada hari ini Matahari cocok ada di khatulistiwa sampai panjang siang dan malam di seluruhnya belahan bumi cocok 12 jam. Ini bisa mengisyaratkan akan bertukarnya musim hujan dengan musim kemarau di Indonesia. Tengah di belahan bumi utara mengisyaratkan akan datangnya musim semi dan di belahan bumi selatan mengisyaratkan akan datangnya musim gugur.

2. Gerhana Bulan Total (Sabtu, 4 April 2015)Gerhana bulan total yang berlangsung pada hari ini adalah satu dari dua gerhana bulan total yang berlangsung tahun ini. Sayangnya, pada gerhana bulan total kedua yang akan berlangsung pada tanggal 28 September 2015 tidak ada satupun tempat Indonesia yang dapat lihat. Gerhana bulan hari ini akan berjalan pada pukul 17 : 15 s/d 20 : 45 WIB untuk fase gerhana sebagian. Sedang untuk fase gerhana total akan jalan pada 18 : 54 s/d 19 : 06 WIB.

3. Puncak Hujan Meteor Eta Aquarids (Jumat, 8 Mei 2015)
Hujan meteor puncak pada hari ini diperkirakan akan terlihat hingga 30 meteor tiap-tiap jam. Meteor-meteor Eta Aquarids akan terlihat melesat dari arah rasi Aquarius yang ada di arah timur setelah tengah malam hingga matahari terbit.

4. Elongasi Maksimum Venus (Minggu, 7 Juni 2015)
Venus mencapai ketinggian maksimum di langit barat saat senja. Ketinggiannya mencapai 45, 4 derajat dari Matahari. Karenanya planet Venus terlihat terang dari Bumi. Setelah hari ini, ketinggian Venus akan berangsur-angsur berkurang hingga selanjutnya ada di sisi Matahari sampai tak terlihat pada pertengahan Agustus 2015. Lalu Venus akan terlihat kembali di langit timur saat fajar.

5. Konjungsi Venus dan Jupiter (Rabu, 1 Juli 2015)
Pada hari ini, dua planet yakni Venus serta Jupiter akan tampak dari Bumi. Keduanya akan terlihat sangat dekat dengan jarak sekitar 20, 1 menit busur atau seputar 2/3 diamater bulan.

6. Puncak Hujan Meteor Perseids (Kamis, 13 Agustus 2015)
Hujan meteor ini dapat disebut adalah hukan meteor terindah tahun 2015. Diperkirakan Perseids yang tercatat sebagai hujan meteor paling banyak menghasilkan fireball ini akan menghasilkan hingga 100 meteor tiap-tiap jam saat puncak. Meteor-meteor Perseids akan terlihat melesat dari arah rasi Perseus yang ada di timur laut setelah tengah malam hingga mendekati matahari terbit.

7. Konjungsi Venus, Jupiter dan Mars (Kamis, 28 Oktober 2015)
Sekarang ini 3 planet sekalian, yakni Venus, Jupiter dan Mars, akan terlihat berdekatan. Venus akan terlihat ada diantara Jupiter dan Mars dimana jarak Venus ke kedua planet seputar 2, 5 derajat.

8. Puncak Hujan Meteor Leonids (Rabu, 18 November 2015)
Pada puncaknya hari ini diperkirakan akan terlihat hingga 20 meteor setiap jam. Meteor-meteor Leonids akan terlihat melesat dari arah rasi Leo yang ada di timur setelah tengah malam hingga mendekati matahari terbit.

9. Puncak Hujan Meteor Geminids (Senin, 14 Desember 2015)
Geminids yaitu hujan meteor terakhir pada tahun 2015 yang jalan pada tanggal 7 s/d 17 Desember 2015. Pada puncaknya hari ini diperkirakan akan terlihat hingga 90 meteor tiap-tiap jam. Meteor-meteor Geminids akan terlihat melesat dari arah rasi Gemini yang ada di barat waktu awal hari hingga mendekati matahari terbit.
Sumber
Galery Berita Unik Dan Menarik
Galery Berita unik dan Menarik Updated at: 9/08/2015 11:31:00 AM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Xpresikan Komentar sobat disini sesuka hati, sesuai dengan Tuntunan Demokrasi dan tanpa menyakiti siapapun yang tak layak disakiti !!!
No Spam
No Life Link
No Sara
No Teror