Sabtu, Maret 02, 2013

Rahasia Warna Pada Buah-buahan dan Sayuran.

Buah-buahan dan sayuran memiliki berbagai bentuk, ukuran, warna dan rupa. Rasanya juga beragam ... ada yang manis, asam, pahit, kelat, lemak dan berbagai lagi. Begitu cantik, bervariasi dan unik sekali ciptaan Ilahi ini untuk kita nikmati. Warna-warni buah dan sayuran bukan tidak hanya cantik di pandangan mata tetapi juga memberi petunjuk konten khasiat di dalamnya.

Ya ... Warna-warna yang beragam pada setiap buah dan sayuran sebenarnya juga menjelaskan kepada kita akan konten serta khasiat yang terkandung didalamnya. Jadi mudah untuk kita memilih serta memaksimalkan asupan berbagai khasiat dalam makanan dengan hanya melihat melalui warnanya. Mari kita ketahui manfaat dan konten khasiat di dalam buah-buahan dan sayuran melalui warnanya masing-masing.

Berbagai jenis buah-buahan dan sayuran yang dipisahkan menurut warna

Berwarna Merah - Berisi Lycopen yang bertindak sebagai anti oksida untuk badan selain itu kandungan zat seperti asam ellagic, quercetin, dan hesperidin. Nutrisi ini dapat mengurangi risiko kanker prostat pada pria, menurunkan tekanan darah, mengontrol pertumbuhan tumor dan kadar kolesterol LDL, serta mencegah radikal bebas yang berbahaya.

Berwarna Oranye - Mengandung Beta-carotine (salah satu sumber vitamin A) yang di butuhkan oleh tubuh sebagai bahan imunisasi melindungi kulit dan sel-sel tubuh dari pencemaran bahan kimia dan lingkungan.

Dinding Kuning - Mengandung vitamin C yang melindungi dari infeksi dan flu, meningkatkan kekebalan tubuh serta pertumbuhan dan perbaikan jaringan. Selain itu ia juga mengandung potassium yang juga baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi pembentukan plak di arteri serta berfungsi sebagai pencuci perut.

Berwana Hijau - Berisi folat yang membangun sel-sel tubuh selain Indoles dan Lutein yang membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol LDL, menormalkan waktu pencernaan, kesehatan retina dan penglihatan. Juga mengandung Allyl Sulfides yang bertindak menyerang sel-sel kanker

Layar Putih - Mengandung banyak flavonoid yang dapat membantu kesehatan membran sel. Nutrisi seperti beta-glukan, EGCG, SDG, dan lignan juga meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan resiko penyakit usus besar, payudara, dan kanker prostat serta menjaga keseimbangan hormon dan mengurangi risiko kanker.

Layar Biru - Berisi Anthocyanins pula membantu untuk melindungi mata dari partikel bebas yang berbahaya, mengurangi mata yang lelah dan memperbaiki peredaran darah.

Dinding Ungu - Berisi Resverator yang mampu membantu meningkatkan energi, mengurangi kadar gula dalam darah, anti-peradangan, bahan antikanker selain mampu mengontrol berat badan.

Berwarna Coklat / Brown - Berisi Fiber yang bertindak seolah-olah seperti span di dalam tubuh, menyerap segala bahan-bahan yang tidak diinginkan - kolesterol jahat, lemak degil, kelebihan gula (diabetes), dan juga kelebihan asam urik (gout), dan lain -lain lagi. Dengan kata singkatnya, Fiber sangat bagus untuk Melawaskan sistem pencernaan kita.
Sumber

Galery Berita Unik Dan Menarik
Galery Berita unik dan Menarik Updated at: 3/02/2013 07:14:00 AM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Xpresikan Komentar sobat disini sesuka hati, sesuai dengan Tuntunan Demokrasi dan tanpa menyakiti siapapun yang tak layak disakiti !!!
No Spam
No Life Link
No Sara
No Teror