Jumat, Maret 01, 2013

Berbagai Jenis Keputihan Dan Penyebabnya


Pengeluaran cairan berlebihan seperti keputihan sebenarnya bukan salah satu penyakit hanya gejala dari cairan rahim, dalam keadaan sehat dan bisa juga normal

Lendir ini diproduksi secara alami dari leher rahim, saluran indung telur atau kelenjar lainnya

Adanya kotoran pada vagina bervariasi selama dalam siklus menstruasi (warna coklat biasanya akhir dari mens) dan sebagian besar wanita hamil juga berlebihan cairan keputihan.

Keputihan bukan gejala penyakit bila dalam keadaan sehat, tidak berbau dan warna bisa bening dan putih. Keadaan menjadi basah yang membuat tidak nyaman, bila tidak ada rasa gatal atau nyeri, maka bisa , dikatakan sehat..

Bagaimana membedakan keputihan yang normal dengan abnormal?
Setiap perubahan mendadak dengan pengelauran cairan, maka harus hati-hati bila terjadi infeksi pada vagina Perhatikan secara seksama sepanjang siklus bulanan, apa ada kelainan yang tidak normal dari biasanya..

Cairan mengandung nanah,kental putih sampai kehijauan.
Bau tidak enak seperti bau busuk
Pengeluaran cairan terlalu banyak
Bengkak dan gatal , nyeri panggul atau perut
Pengeluaran darah diluar menstruasi
Bila ada tanda seperti yang disebutkan , alangkah baiknya bila segera memeriksakan diri. Agar bisa diadakan pengobatan .

Penyebab keluar cairan abnormal
Ada banyak penyebab dari keputihan yang abnormal, tetapi biasanya sebagai tanda infeksi. Infeksi ini sering disebabkan oleh sesuatu yang mengganggu keseimbangan alami dari bakteri atau jamur pada vagina, seperti mencuci bagian dalam vagina, atau tertular dari hubungan seksual.

Penyebab yang sering dialami dari:
Penyakit kotor, infeksi jamur yang menyebabkan cairan
Bakteri vaginosis – infeksi bakteri pada vagina
Trikomoniasis – infeksi menular seksual (IMS) ada sejeni s parasit yang menyebabkan gatal dan panas.
Gonore atau klamidia – IMS disebabkan oleh bakteri
Herpes genital – IMS yang disebabkan oleh virus herpes simpleks
Keputihan dengan rasa gatal

Bila cairan sedikit dan encer atau kental dan putih dan adanya kotoran seperti keju berwarna putih,ini sejenis infeksi parasit . Infeksi jamur menyebabkan gatal dan panas disertai nyeri di sekitar vagina Carilah penyebab pengeluaran cairan itu.

Hampir semua wanita pernah mengalami masalah jamur , tapi ini bukan penularan dari hubungan seksual. Hal ini mudah diobati dengan obat antijamur , yang dapat dibeli tanpa resep diapotik

Kelebihan cairan Putih dan berbau amis
Jika keputihan berwarna abu-abu atau mengeluarkan bau amis yang kuat, terutama setelah hubungan seksual, maka bisa ada jenis vaginosis bakteri (BV). BV adalah ketidak seimbangan dalam bakteri normal yang ditemukan di vagina. Tidak menyebabkan gatal atau luka .Seperti jamur, BV bukan penularan dari seksual. Hal ini mudah diobati dengan antibiotik .

Kelebihan cairan Hijau , kuning atau berbusa
Trikomoniasis adalah PMS yang disebabkan oleh parasit kecil. Akibatnya pengeluarancairan putih dan perandangan kronis , dengan rasa gatal dan panas terjadi busa, kuning atau hijau. Infeksi bertahan karena peradangan membuat bau amis . Infeksi ini mempergaruhi leher rahim dan selaput liang vagina. Trikomoniasis mudah diobati dengan antibiotik disebut metronidazol ,

Cairan Abnormal rasa nyeri dan perdarahan
Cairan keputihan adalah abnormal dan terjadi rasa sakit di panggul atau ketika buang air kecil, atau berdarah antara waktu atau setelah berhubungan seks, kemungkinan jenis klamidia atau gonore (baik IMS). Gonore penyakit kotor yang mempunyai cairan berwarna hijau, terasa sakit dan panas sewaktu buang air kecil dan pengeluaran nanah yang banyak. Pendarahan terjadi bila berhubungan seksual

Bila ada gejala maka perlu cepat mengadakan pengobatan. Agar tidak menyebar sampai ke panggul.Infeksi ini bisa menyebar kedalam rahim dan saluran indung telur dan terus kerongga perut sampai timbul radang diselaput rongga perut..

Cairan Abnormal adanya lecet di sekitar alat kelamin
Herpes genital penyakit ini menimbulkan rasa sakit menyebabkan nyeri, lecet atau luka merah disekitar alat kelamin , serta keputihan abnormal. Luka-luka dapat disembuhkan dalam 3 sampai 6 minggu. Dan akan timbul kembali. Tidak ada obat mujarab ,karena pengobatan hanya menghilangkan gejala.

Keputihan Pada wanita muda dan wanita pasca-menopause
Keputihan pada wanita muda , abnormal sebelum masa pubertas. Bila terjadi keputihan, maka terjadi masalah pada bagian kemaluan. Karena kurang kebersihan atau memakai pembalut yang jadi penyebabnya

Keluar cairan yang abnormal juga tidak biasa pada wanita yang lebih tua. Jika masa menopause dan tiba-tiba timbul keputihan yang abnormal, dokter akan memeriksa karena bisa menyebabkan adanya penyakit kanker serviks atau kanker endometrium .
Sumber

Galery Berita Unik Dan Menarik
Galery Berita unik dan Menarik Updated at: 3/01/2013 05:14:00 PM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Xpresikan Komentar sobat disini sesuka hati, sesuai dengan Tuntunan Demokrasi dan tanpa menyakiti siapapun yang tak layak disakiti !!!
No Spam
No Life Link
No Sara
No Teror