Kamis, Januari 10, 2013

Jokowi Raih Posisi Ketiga Walikota Terbaik Dunia


The City Mayors Foundation akhirnya mengumumkan daftar walikota terbaik sedunia. Ada 10 nama yang mendapat anugerah dari yayasan tersebut termasuk Jokowi atas perannya saat menjadi walikota Surakarta. Namun Jokowi harus puas berada di posisi ketiga.

Jokowi terpilih karena reputasinya mengubah citra kota Solo menjadi pusat budaya yang mulai mendapat perhatian internasional. Ia juga sukses mengkampanyekan bebas korupsi sehingga membuatnya mendapatkan reputasi sebagai politisi jujur. Sikap Jokowi yang menolak mengambil gaji selama menjabat walikota juga mendapatkan perhatian.

Mengenai kemenangannya ini Jokowi sendiri merasa biasa saja. Ia mengaku bekerja tanpa memikirkan soal apresiasi dan hanya menjalankan kepercayaan masyarakat. Meski begitu Jokowi tetap merasa berterima kasih atas penghargaan ini.

"Penghargaan apapun itu, tidak pernah saya pikirkan, yang penting saya bekerja sebaik-baiknya untuk masyarakat," ucap Jokowi saat ditemui di sela-sela rapat pimpinan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (8/1). "Saya tidak pernah bekerja untuk mendapatkan penghargaan. Kepuasan masyarakat itu lebih penting bagi saya. Tapi, saya tetap berterima kasih atas penghargaan ini."

Namun Jokowi masih kalah posisi dengan Walikota Bilbao, Spanyol, yang dianggap telah berhasil mengubah Bilbao dari kota industri menjadi pariwisata. Kebijakan radikal Inaki membuat jumlah pengunjung tahunan museum melonjak dari 100 ribu menjadi 700 ribu orang. Sementara itu, Lisa Scaffidi meraih peringkat kedua karena keberhasilannya membuat Perth dikenal sebagai pembuat roti dan susu yang berkualitas dunia.

World Mayor Project ini diorganisasi sejak 2004 oleh Yayasan Wali Kota Sedunia untuk membahas masalah perkotaan. Daftar nama ini diambil menyusul pencalonan dan pemungutan suara dalam pemilihan World Mayor Project 2012 yang berlangsung selama 9 bulan.

Berikut ini daftar 10 besar walikota terbaik dunia:


  1. Inaki Azkuna, Bilbao, Spanyol
  2. Lisa Scaffidi, Perth, Australia
  3. Joko Widodo, Surakarta, Indonesia
  4. Regis Labeaume, Quebec City, Kanada
  5. John F Cook, El Paso, Amerika Serikat
  6. Park Wan-su, Changwon City, Korea Selatan
  7. Len Brown, Auckland, Selandia Baru
  8. Edgardo Pamintuan, Angeles City, Filipina
  9. Mouhib Khatir, Zeralda, Aljazair
  10. Alfonso Sanchez Garza, Matamoros, Meksiko

Sumber


Galery Berita Unik Dan Menarik
Galery Berita unik dan Menarik Updated at: 1/10/2013 10:46:00 PM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Xpresikan Komentar sobat disini sesuka hati, sesuai dengan Tuntunan Demokrasi dan tanpa menyakiti siapapun yang tak layak disakiti !!!
No Spam
No Life Link
No Sara
No Teror